Press "Enter" to skip to content

Strategi Pemprov Kaltara Tekan Angka Pandemik Covid 19.

TANJUNG SELOR – Provinsi Kalimantan Utara membawahi lima Kabupaten / Kota, meliputi Bulungan, Malinau Tanah Tidung, Tarakan dan Nunukan berkomitmen mempercepat penanganan covid 19, dengan menerapkan tiga strategi.

Pertama, menyediakan infrastruktur testing atau pemerikasaan seperti fasilitas laboratorium PCR dan TCM di Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan yang mencatat sekira 5.625 sample.

Kedua, setiap harinya melakukan tracking atau pelacakan covid 19, baik masyarakat lokal maupun yang datang dari luar kota tanjung selor guna mendeteksi penyebaran pandemik.

Ketiga, apabila ditemukan masyarakat terindikasi virus disease 19 tim gugus tugas provinsi segera melakukan treatmen atau pengobatan dengan karantina mandiri maupun diruang isolasi yang disediakan tim medis Provinsi Kalimantan Utara.

Selain itu, pemerintah provinsi kalimantan utara juga meningkatkan langkah preventif seperti edukasi, sosialisasi media cetak dan sosia, kemudian menertibkan penggunaan masker, penyemprotan disinfektan fasilitas umum serta menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat dan pemerintahan.

” Saya mengapresiasi langkah langkah yang telah dilakukan satgas covid 19 Kaltara sehingga kasus saat ini relatif rendah, namun masih perlu dilakukan tindakan extraordinary agar penyebaran pandemik covid 19 terus tertekan ,” kata Pjs. Gubernur Kaltra Dr. Teguh Setyabudi,, Rabu (4/11) lalu, melalui rapat koordinasi satgas covid 19.

Dalam pertemuan itu, Teguh juga menyinggung soal serapan anggaran penanganan dan pencegahan covid 19 sekira 66 persen dari total anggaran sebesar Rp. 12,05 Milyar pada bulan oktober.

Ia berharap agar anggaran yang dimaksud bisa mempercepat realisasinya untuk pencegahan virus disease covid 1. Demikian juga pada anggaran dinas terkait

khususnya menangani dampak sosial dan ekonomi masyarakat di Kalimantan Utara seperti program bantuan baik tunai maupun dalam bentuk sembako.

Menurutnya, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota juga perlu menggalakkan imbauan protokol kesehatan 3 M yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak, sebagai langkah efektif melawan penularan covid 19 seiring dengan kampanye pembagian masker di Kaltara.

” Kaltara saat ini memasuki tahapan Pilkada baik pemilihan Gubernur maupun Bupati, kita tidak ingin ada klaster baru, kalau bisa kita bergerak bersama menjadikan momentum Pilkada sebagai perlawanan mengatasi covid 19,”himbaunya.#Fik

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

breaking News :