Press "Enter" to skip to content

Perayaan HUT Nunukan Ke 23, Satlantas Polres Nunukan Rekayasa Arus Lalulintas.

NUNUKAN, marajanews.com – Rangkaian kegiatan akan digelar dalam memeriahkan HUT Kabupaten Nunukan Ke 23, kegiatan tersebut meliputi Pawai Budaya, Kendaraan Hias dan Gerak Jalan.

Kasatlantas Polres Nunukan, AKP. Arofiek AR, SH, S.IK, MH mengatakan, tertib berlalulintas merupakan hal yang utama agar peserta kegiatan HUT Nunukan nyaman dan aman menggunakan jalan.

Menurutnya, animo masyarakat pada HUT Ke 23 ini terbilang tinggi, sehingga pengawalan lalulintas perlu dilakukan untuk menghindari resiko kecelakaan.

” Ini kali pertama di laksanakan sejak pandami covid 19, Jadi kalau tidak di tata dengan baik, itu akan sangat riskan artinya kita tidak mau terjadi sesuatu hal pada saat kegiatan berlangsung,” kata Arofiek, Selasa (11/10).

Terkait pengamanan lalulintas, Arofiek menjelaskan, Satlantas telah menetapkan skema rekayasa arus lalulintas.

Mulai dari Jalan antasari hingga jalan bandara dilakukan penutupan jalan menuju arah pelabuhan.

Sisi sebelah kanan jalan pelabuhan di counterflow dan bagian kiri digunakan untuk serangkaian kegiatan pawai dan kendaraan hias.

‘Jadi arah dari jalan TVRI menuju ke pelabuhan, kita pindahkan jalurnya ke sebelah kanan, kita berikan pembatas dan disitu kita bikin sistem countraflownya.” jelas Kasatlantas.

Dengan Rekayasa arus Lalin ini, Satlantas bekerjasama dengan dinas perhubungan melakukan penutupan jalan dan pengalihan arus di titik tertentu sepanjang rute yang dilalui peserta.

” Jalan Antasari ke Bandara arus lalulintas ditutup, digunakan sebagai titik star pawai dan kendaraan hias kemudian arus lalulintas mengarah ke jalan pelabuhan dan Finis di area Paras Nunukan jalan lingkar.” terangnya.

Dijalan Antasari satlantas melakukan sistem buka tutup jalan, begitu juga di jalan muhammad hatta menuju porsas, apabila situasi arus lalulintas sudah mulai padat.

” Nanti di lapangan seluruh personil lalulintas dan dinas perhubungan kita arahkan ke dua titik itu, kita kerjasama agar kegiatan ini aman, selamat dan meriah

Untuk kegiatan gerak jalan, rekayasa arus Lalin dipusatkan di PLBL Liem Hie Jung Yamaker.

Satlantas menutup jalan di Yamaker dan Jalan Ahmad Yani dan di beberapa titik yang dianggap rawan kecelakaan.

Satlantas mengatur lalulintas apabila bersinggungan dengan peserta gerak jalan, kendaraan bermotor dan memantau pergerakan barisan baik dari depan, samping dan belakang.

Mengatasi hal ini, Satlantas menyiapkan satu kendaraan, mengawasi 3 sampai 4 barisan untuk mengantisipasi sepeda motor yang tiba tiba melintas di jalur barisan.

” Mulai dari titik start sampai finis kita laksanakan kawal depan, samping dan belakang untuk mengawasi arus lalulintas,” lanjutnya.

Untuk itu Kasatlantas Polres Nunukan menghimbau masyarakat agar meningkatkan kesadaran berkendara, patuhi aturan lalulintas, dan tidak ugal ugalan di jalan, sebelum dan setelah kegiatan pawai berlangsung.

Bagi yang tidak membawa kendaraan atau hanya sekedar menyaksikan gerak jalan, carilah tempat tempat yang aman dan parkir kendaraan yang tidak menghalangi arus lalulintas.

” Apabila kegiatan sudah selesai kembali ke rumah masing masing dan tidak melakukan sesuatu hal yang dapat menimbulkan kecelakaan,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Nunukan tak lupa menyampaikan Selamat Hari Jadi Kabupaten ke 23, rayakan HUT Kabupaten Nunukandengan tertib berlalu lintas agar masyarakat jauh dari resiko kecelakaan.

” Selamat Hari Jadi Kabupaten Nunukan ke 23 Tahun, Bersinergi Pulihkan Ekonomi.” tutup Arofiek.#fik.

Print Friendly, PDF & Email

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

breaking News :