Press "Enter" to skip to content

Inilah Komposisi Nama dan Anggota Fraksi di DPRD Nunukan

Sekretaris DPRD menyampaikan Pengumuman Fraksi – Fraksi DPRD Nunukan, Rabu 21/08.

NUNUKAN – Pasca Pelantikan, anggota DPRD Nunukan periode 2019 – 2024, menggelar agenda paripurna pertama yakni pembentukan fraksi-fraksi DPRD, yang telah diumumkan pagi tadi, rabu (21/08) di ruang paripurna melalui Rapat Paripurna Ke I Masa Sidang I Tahun 2019 tentang Pengumuman Fraksi-fraksi Dewan perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nunukan.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota pada pasal 21 menjelaskan bahwa Pimpinan DPRD Sementara wajib menerima laporan pembentukan fraksi-fraksi dan diumumkan melalui rapat paripurna.

Demikian Sekretaris DPRD Nunukan, Agustinus Palentek SS, menyampaikan pengumuman Fraksi-Fraksi DPRD Nunukan. Hal tersebut lanjutnya, berdasarkan rapat internal DPRD yang dillaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 dengan agenda Pembentukan dan Komposisi Fraksi DPRD Nunukan.

Adapun Komposisi Fraksi yang disampaikan Sekretaris DPRD, meliputi ; Fraksi Partai Hanura, merupakan Fraksi Murni, yang menempatkan Hj Nikmah di Posisi Ketua Fraksi, Jainuddin, SE wakil ketua, Sekretaris Hamsing S.PI, kemudian Hj Rahma Leppa, Tri Wahyuni, Kanain Kornelis dan Ahmad Triady sebagai anggota Fraksi.

Fraksi Partai Demokrat, juga merupakan Fraksi murni menempatkan H.Danni Iskandar sebagai Ketua Fraksi, Saleh SE Wakil Ketua, Gat S.Pd Sekretaris, Bendahara Hj Nadia, adapun anggotanya yakni H Irwan Sabri, SE dan satu Partai Politik yang bergabung di Fraksi Demokrat, yaitu Andre Pratama, dari Partai Bulan Bintang.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, adalah Fraksi Murni yang memperoleh 4 kursi di DPRD Nunukan,menempatkan Adama sebagai Ketua Fraksi, Andi Krislina SE Wakil Ketua, Inah Anggraini Sekretaris dan anggota Burhanuddin S.H.

Fraksi Gerakan Karya Pembangunan, adalah fraksi Gabungan yang dibentuk dari tiga partai politik, yakni Partai Gerindra, Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), fraksi ini menempatkan, Siti Raudah Arsyad, ST sebagai Ketua Fraksi, H. Andi Mutamir, SE MM sebagai wakil ketua, Hj Nursan SH Sekretaris dan Welson sebagai anggota.

Fraksi Perjuangan Persatuan Nasional, juga merupakan fraksi gabungan yang dibentuk oleh tiga partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-P), Partai Nasdem, dan Partai Perindo, memposisikan Lewi, S.Sos sebagai Ketua Fraksi, Amrin Sitanggang wakil ketua, sekretaris Hendrawan, S.Pd dan anggota Joni Sabindo, SE

Fraksi bukan alat kelengkapan DPRD, namun merupakan pengelompokan anggota DPRD berdasarkan Partai Politik yang memperoleh kursi sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.

Anggota DPRD dari Partai Politik yang tidak memenuhi syarat untuk membentuk fraksi, wajib bergabung dengan fraksi murni atau membentuk fraksi gabungan.

Setelah fraksi gabungan terbentuk, kemudian tidak lagi memenuhi syarat sebagai Fraksi gabungan, seluruh anggota fraksi gabungan tersebut wajib bergabung dengan Fraksi dan / atau Fraksi Gabungan lain yang memenuhi syarat.# Fik

Komposisi Fraksi Fraksi DPRD Nunukan
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

breaking News :